Rabu, 10 September 2008

Jelajah Negeri 2008



Satukan Diri Dengan Alam



Sudah tradisi setiap tahun OSIS SMA Santa Maria mengadakan Jelajah Negeri 2008, Bahkan jelajah Negeri ini menjadi program tahunan OSIS Santa Maria. Kalian ini jelajah Negeri dilaksanakan di Permandian Air Panas, Wana Wisata, Pacet-Mojokerto, Minggu (10/8).

Sebelum berangkat menuju lokasi siswa-siswi SMA St. Maria dikumpulkan oleh OSIS untuk mengecek jumlah kelompok. Setelah dikonfirmasi jumlah kelompok ada 40 kelompok yang terdiri 10 siswa-siswi, jumlah keseluruhan mengikuti jelajah 400 siswa-siswi.

Berapa lama kemudian, siswa-siswi berangkat ke tempat lokasi dengan menggunakan beberapa kendaraan pribadi dan lima truk dari Angkatan Darat. Tiba di lokasi jam 08.00 WIB.

Sekitar tiga jam perjalanan akhirnya peserta Jelajah Negeri 2008 sampai di lokasi Jelajah Negeri 2008. Sebelum dimulai jelajahnya, setiap kelompok diabsen lagi dan diberi nomer punggung. Dalam perjalanan menaiki bukit kita menemukan beberapa pos yang sudah ditunggu oleh panitia. Di setiap pos diadakan game yang menarik, misalnya mencari empat batu berwarna di sungai dengan posisi diikat antar anggota kelompoknya, komuni kata, makan krupuk, game gendong, dan ambil air dengan media botol aqua.

Saat melintasi pos pertama menuju pos kedua, kita melihat air terjun dan terlihat pelanginya yang memancarkan berbagai warna-warni. Untuk menuju pos kedua medannya menanjak harus menggunakan alat bantu, diantaranya tali.

Ternyata medannya tidak hanya menajak juga naik turun perlu kerjasama antar tim atau kelompok supaya sampai ke garis finish.

Paling seru, pada permainan ambil air, peserta duduk di sungai yang dangkal dengan posisi bersila mereka mengambil air dari sungai yang harus dioperkan ke teman sampai ke belakang untuk ditampung ke dalam botol sampai penuh.

Lebih jauh, tiba di pos keenam peserta mengikuti game makan krupuk. Salah satu panitia OSIS mengatakan pokoknya kalian harus makan krupuk sampai habis dan tidak boleh menggunakan tangan. Ada yang saling bergendongan hanya untuk menghabiskan lima krupuk yang diikat di tali.

Menurut Jalu Sutarja, S.Pd. diadakan Jelajah Negeri 2008 ini diajak untuk mewujudnyatakan kecintaan siswa-siswi terhadap alam. Karena alam itu terdiri dari air, udara, dan tumbuhan. Selain itu siswa-siswi juga diajak menumbuhkembangkan persatuan dan kesatuan antar siswa-siswi untuk peduli dan peka.

Kepekaan dan kepedulian ini tidak hanya ditumbuhkan di sekolah, tetapi juga ditumbuhkan melalui relasi kita dengan alam. Selain juga tujuan dari itu semua agar siswa-siswi mempunyai semangat dan motivasi baru untuk membangun diri dan membangun alam menjadi lebih baik. Alam perlu dijaga kelestariannya, jangan hanya egois memenuhi keuntungan pribadi. Apa kata dunia nantinya, bila kita menjarah terus alam ini. Mereka juga tidak boleh membuang sampah sembarang, seperti tisu, botol aqua, dan plastik di sana karena dapat mencemari lingkungan, himbau dari salah satu panitia OSIS yang tidak mau disebutkan namanya.

Lebih jauh, ternyata Jelajah Negeri bagian dari mata pelajaran geografi, siswa-siswi diberi tugas untuk menceritakan kembali pengalaman selama di alam tersebut. Keunikan apa saja yang terdapat di Wana Wisata, Pacet, diantaranya keadaan geografi, iklim, jumlah penduduk, aktifitas di sana apa saja, dan hutan yang bagaimana, papar Dionisia Bhala S.Pd., Guru Geografi SMA Santa Maria.

Jadi mereka di sana tidak hanya rekreasi, tetapi ditanamkan nilai-nilai sosial untuk peka terhadap kondisi alam sekarang ini. Maka di setiap pos diadakan permainan yang mendukung kegiatan. Permaian atau game tersebut tidak hanya sekedar game, game mempunyai nilai SERVIAM yang menanamkan nilai atau karakter, diantaranya V-Value integrity of creation: menghargai keutuhan ciptaan, I-Integritymembangun pribadi yang jujur, bertanggung-jawab, memiliki komitmen dan loyal, M–Moral and ethical responsibility: memiliki tanggung-jawab etika dan moral untuk menjaga alam tetap asri. (asep.)

Tidak ada komentar: