Sabtu, 04 Juli 2009

Sambut Hari Lansia Nasional


Makin Tua, Makin Produktif

Menyambut Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional dan Hari Lansia Dunia 2009, Paguyuban Lansia Paroki Roh Kudus Surabaya mengadakan perayaan syukur di Gereja Roh Kudus, Minggu (7/6)). Mula-mula diadakan perayaan ekaristi di gereja secara sederhana. Para lansia yang mengikuti jalannya perayaan ekaristi kebanyakkan memakai batik.

Masing-masing berasal dari Kevikepan Surabaya Selatan yang meliputi Paroki Gembala Yang Baik, Roh Kudus, Hati Kudus Yesus, Salib Suci, St. Paulus, St. Maria Anutiata, dan Yohanes Pemandi. Paduan suara berbaju biru melantunkan pujiannya dengan merdu sekali. Paduan suara ini berasal dari paguyuban Lansia Paroki Salib Suci.

Perayaan ekaristi ini dipimpin oleh selebran utama Romo A. Haryo Pranoto didampingi empat romo SVD. Usai perayaan ekaristi, panitia mengajak para lansia untuk naik ke lantai dua balai paroki untuk ramah-ramah. Acara dikemas dalam acara diaolog dan hiburan. Pada saat pembagian komsumsi, salah satu lansia dari Salib Suci menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan harmonika dengan melantunkan lagu 'Ajarilah Kami Bahasa Cintamu'.

Kepiawaian memainkan harmonika, Ibu Joyo ini menghipnotis ratusan lansia yang berada di balai paroki. Bukan hanya itu. Para lansia juga membuat yel-yel disusul dengan Mars Lansia, yakni Masa Tua, Masa Bahagia. Bahkan ada yang mengekspresikan diri dengan macapatan.

Di sela-sela acara, J. Harry Poernomo menjelaskan, acara ini untuk memberikan apresiasi kepada para lansia agar paguyuban yang telah terbentuk tetap berdaya guna dan eksis di keluarga, gereja, dan masyarakat. (asep)

Tidak ada komentar: