Kamis, 24 September 2009

Dirgahayu Paroki Santa Maria yang ke-33

Meneladani Semangat Bunda Pelindung Kita

Minggu (6/9) umat Paroki Santa Maria Blitar bersyukur atas perjuangan kita selama ini dalam membangun sarana pelayanan yang melahirkan anggota gereja begitu banyak yang diberkati oleh Santa Pelindung kita.

Untuk merayakan hari kelahiran paroki kita ini, panitia mengusung “Bersama Maria Kita Bangun Paroki Santa Maria Yang damai Sejahtera dan Menawan”. Serangkaian kegiatan dilaksanakan dan dimaksudkan untuk meningkatkan jalinan dan persatuan Umat Allah se-Paroki Santa Maria Blitar, persaudaraan, dan keakraban serta solidaritas Kristiani yang luhur.

”Serangkaian kegiatan HUT Paroki diawali dengan Novena Medali wasiat yang dimulai Jumat (28/8) dan dibuka oleh Rm. L. Karsiyanto CM-Pastor Kepala Paroki di Sendangrejo-stasi Ngadirejo.”

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh umat Paroki St. Maria mulai dari anak-anak sampai umat yang dewasa baik di lingkup lingkungan maupun stasi. Diantaranya lomba cerdas cermat, mewarnai, dan melukis.

Keesokan harinya, Minggu pagi (6/9) pukul 06.00 wib, panitia menggelar jalan-jalan santai, stratnya dimulai dari halaman gereja Paroki Santa Maria Blitar kemudian berkeliling dan kembali ke halaman gereja. Kegiatan ini dilanjutkan dengan adanya pasar murah serta pembagian doorprize.

Puncak acara ditandai dengan misa syukur dipimpin oleh Pastor Kepala Paroki St. Maria Blitar yaitu Romo L. Karsiyanto CM didampingi Rm. Pariyanto CM. Hadir pula dan ikut mempersembahkan misa yaitu Romo Paroki St. Maria Tak Bercela Tulungagung- Rm. Suyatno, Romo Paroki St. Petrus dan Paulus Wlingi, Rm. Suwarno, Romo-Romo Seminari Garum, Rm. Senti Fernandes, Rm. G. Tri Wardoyo CM, Rm. Yulius CM, dan Rm. Roni.

Misa syukur berlangsung meriah ini dihadiri sekitar 800 umat. Diantaranya frater, suster-suster S.Sps, Suster-susuter Puteri Kasih serta umat dari berbagai stasi dan lingkungan Paroki Santa Maria Blitar.

Usai, misa diadakan pesta umat dan disuguhkan berbagai makanan dari lingkungan maupun stasi berupa tumpeng dan makanan lainnya. Selama pesta berlangsung juga diumumkan pemenang lomba cerdas cermat, mewarnai, melukis, dan lomba tumpeng. Lomba cerdas cermat dimenangkan oleh Lingkungan Sanankulon sebagai juara I, Juara II Pendamping BIAK, Juara III Karangsari, Juara IV stasi Bacem. Lomba mewarnai dan melukis diboyong oleh TKK St. Maria dan TKK Yos Sudarso.

Selain Hari Paroki, Romo L. Karsiyanto juga membuka Bulan Kitab Suci Nasional, Minggu (6/9) dengan tema “YAKUB: BERGUMUL DENGAN ALLAH DAN MANUSIA”.

Romo Karsi mengajak kepada umatnya untuk memahami dan mengamalkan Kitab Suci yang aktual yang sesuai dengan situasi dan kondisi kehidupan nyata pada saat ini. Dan, Kitab Suci merupakan Santapan rohani Umat Beriman Kristiani, ajak Pastor Kepala Paroki. (rina/asep)

Tidak ada komentar: