Minggu, 31 Januari 2010

SanMar Cup ke-4


Junjung Tinggi Sportifitas

SanMar Cup ke-4 merupakan kegiatan dua tahunan yang digelar oleh OSIS SMA Santa Maria bidang Presepsi, Apresiasi, Kreasi, dan Seni bekerjasama dengan ekstrakurikuler Sepak bola. Kemasan SanMar Cup ini dalam kompetisi sepak bola SMA se-Surabaya. Baik itu Swasta Katolik, Negeri, dan Swasta Non Katolik.

Kompetisi sepak bola ini diadakan di Stadion Brawijaya, Kodam. Awal dari SanMar Cup ini dibuka dengan opening ceremony, Sabtu (23/1). Diantaranya upacara singkat, janji wasit, janji tim atau pemain, pembagian bola. Dimeriahkan semarak cewek bola, modern dance, dan tradisi Tionghoa, yakni barongsai.

Detik-detik kompetisi ini semakin lengkap dilakukan pelepasan seratus balon, yakni putih dan hijau. Putih melambangkan sportivitas dan kerjasama antar tim.

Hijau melambangkan keikutsertaan tim dari masing-masing sekolah menengah atas yang terdiri dari 16 tim. Diantaranya SMA Santa Maria, SMA St. Agnes, SMAK St. Louis, SMAN 11, SMAK Stella Maris, SMAK Stanislaus, SMAK Frateran, SMA St.Yusup, SMA Ciputra, SMA Untung Suropati, SMAK Carolus, SMA Margie, SMK Petra, SMAN 20, SMAK St. Louis 2, dan SMK St. Louis.

Semakin lengkap opening ceremony ditandai dengan tendangan bebas dari Ir. Marceline Prophylia, penyerahan bola kepada masing-masing tim, dan penyerahan piala bergiling. Pertandingan perdana pun dimulai antara SMA Santa Maria melawan SMA St. Agnes. Hasilnya dimenangkan SMA St. Agnes dengan adu pinalti.

Menurut Johanes Metekohy S.Pd. selaku ketua panitia mengungkapkan kompetisi ini dilaksanakan selama 5 lima dengan menggunakan sistem gugur. Dan, antusias supporternya sangat bagus dan tertib sampai memadati tribun stadion Brawijaya, ungkapnya.

Selain itu kemeriahan di atas, SanMar Cup 4 dimeriahkan lomba fotografi antar siswa-siswi SMA St. Maria. Lomba Jurnalistik tingkat SMP se-Surabaya, yakni SMP Mimi, Vincentius, Karitas II, dan SMP Stanislaus. Sebelum lomba Jurnalistik, mereka dibekali dengan pelatihan menulis soft dan hard news. Bukan hanya menulis artikel, tetapi panitia memberikan materi lay out atau tata letak. Dengan menghadirkan narasumber, yakni FX. Rudy Prasetya S.S. dan Agustinus Sepanca Naryanto, jelas Antoni, salah satu panitia-seksi dokumentasi.

Pertandingan putaran ketiga SMA Ciputra melawan SMAN 20, Selasa (26/1). Walaupun hujan membanjiri lapangan Brawijaya, SMAN 20 berhasil membobol gawang SMA Ciputra 2-0. Gol pertama dipersembahkan oleh Bagas Sulistino (7) melalui tendanganya yang ampuh. Tak lama kemudian babak kedua, SMAN 20 mempersembahkan gol yang kedua melalui Junet (8).

Rabu (27/1), pertandingan semi final pun berlanjut. SMAK St. Agnes melawan SMAN 2O. SMAN 20. Babak pertama kedudukkannya masih 1-1. Tak sampai beberapa menit babat kedua, SMAN 20 melakukan serangan balik menuju gawang SMA St. Agnes. Hasilnya 0-2 dimenangkan oleh SMAN 20 melalui tendangan Junet.

Semi final begitu cepat dilalui oleh SMAN 20. Akhirnya pada babak final, SMAN 20 bertemu dengan SMK St. Louis. Perebutan bola semakin ketat dan saling mempertahankan posisi mereka. Untuk memperebut gelar juara I di SanMar Cup 4. Babak pertama Setan Merah (SMK St. Louis), akhirnya berhasil menerobos pertahanan lawan melalui kaki Benedictus Alexyatus (5) dan Alexius Gonorus Orno (12) berhasil menjebol gawang SMAN 20 dengan 2 – 0.

Kurang lebih jam 16.00 wib pertandingan berakhir. Dra. Indrayati memberikan tropi secara simbolis kepada sang juara SanMar Cup 4.

Penutup SanMar Cup 4
Seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia bahwa penyerahan tropi sang juara dilaksanakan di aula Santai Maria, Sabtu (28/1). Sebelum penyerahan tropi, panitia menyambutnya dengan berbagai acara yang menarik, diantaranya band, modern dance, fashion show dengan dress code pakaian olah raga tennis, dan tari kreasi, jelasnya.

Penyambutan diawali dengan karawitan kontemporer menuju pintu masuk. Dan, para siswa-siswi menyambutnya dengan tepuk tangan untuk para sang juara. Menuju tempat duduk yang terdepan.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ir. Marceline Prophylia diwakili oleh ketua panitia. Ketua panitia mengucapkan terima kasih partisipasinya kepada seluruh tim sepak bola SMA se-Surabaya, karena telah menjunjung tinggi semangat sportitifas dalam kompetisi SanMar Cup tahun 2010 ini. SanMar Cup ini akan tetap dilakukan setiap dua tahun sekali.Dan, semakin ada kemajuan sepak bola tingkat sekolah menengah atas, ucapnya.

Setelah sambutan, tiba saatnya MC mengumumkan Sang Juaranya, yakni Juara I SMK St. Louis, Juara II SMAN 20, dan Juara III SMAK St. Agnes. Ketiga sang juara ini menerima tropi, sertifikat, medali, beasiswa, dan satu paket bola.

Tidak hanya sang juara saja yang mendapatkan tropi. Best Player direbut oleh pemain SMK St. Louis (12), yakni Alexius Gonorus Orno. Top Score diraih pemain SMA St, Agnes yakni Stenly. Best Coach diberikan kepada Bapak Sunarto SMK St. Louis.

Pemilihan cewek bola terfavorit, yakni Rania X7. Untuk lomba Jurnalistik, panitia mengumumkan bahwa Juara I SMP Mimi, Juara II SMP Karitas II, dan Spirit Award SMP St. Vincetius, jelas mc. (asep)

Tidak ada komentar: