Rabu, 16 Mei 2012

Putra Putri SMA Santa Maria Surabaya 2012


From Zero to Hero

OSIS SMA Santa Maria Surabaya menggelar  Pemilihan Putra Putri Santa Maria 2012-2013 (baca: PaPi SanMar). PaPi SanMar merupakan program kegiatan tahunan OSIS. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mencari duta SMA Santa Maria. Untuk mewakili sekolah dalam mempromosikan sekolah, baik promosi keluar dan dalam.

Sebelum, final PaPi SanMar digelar di aula Santa Maria. Fanda, Ketua Pelaksana menuturkan, diadakan proses seleksi terlebih dahulu di masing-masing kelas X dan XI. Setiap kelas berhak mengajukan 2 calonnya, yakni putra dan putri. Proses pemilihan dari masing-masing kelas telah ditentukan dan disetujui oleh wali kelas.

Majelis Perwakilan Kelas menyerahkan daftar calon PaPi SanMar kepada panitia. Untuk proses selanjutnya, masa karantina  dilaksanakan Sabtu-Minggu lalu (5-6/5/2012) di area sekolah dan menginap di sekolah. Di masa karantina para calon Papi SanMar dibekali berbagai materi. Diantaranya leadership, wawasan lingkungan hidup, wawasan tentang sekolah kita seperti visi dan misi serta kemajuan sekolah, kegiatan sosial bersama masyarakat sekitar dengan membantu pedagang kaki lima, dan outbond, tutur Ketua Pelaksana.

Alhasil, Sabtu lalu (12/5/2012) Pemilihan PaPi SanMar 2012 digelar di aula Santa Maria sekitar pukul 08.00 WIB  dengan mengusung tema “From Zero TO Hero”. Masing-masing calon menunjukkan talen mereka dihadapan dewan juri, yakni Bapak Pras, Suster Fitri, Ibu Rossa, dan Ibu Sandra.
Dewan juri juga memberikan pertanyaan kepada calon Papi SanMar. Sebagai bahan penilaian mereka di segi wawasan. Menjadi PaPi SanMar tidak hanya dilihat dari sisi kecantikkannya. Tetapi panitia juga mempunyai kriteria tersendiri dalam menentukan PaPi SanMar 2012. Seperti memilki wawasan yang baik, fasih dalam berbahasa Indonesia dan Inggris yang benar, serta nilai akademiknya di atas rata-rata.

“Terlihat jelas, saat calon memaparkan keinginannya menjadi PaPi SanMar 2012 dengan menggunakan bahasa Inggris.”

Kriteria tersebut masing-masing ada di calon. Kriteria ini menentukan penilaian dari dewan juri. Sistem penilaiannya dijumlah menjadi  dari masing-masing penilaian dewan juri dan dibagi sesuai jumlah juri. Akhirnya, PaPi SanMar dapat ditentukan oleh dewan juri.

Tak lama kemudian, MC telah memegang hasil pilihan dewan juri. PaPi SanMar, yakni Kenji Yeo dari kelas XI IPA 2 dan Felicia Saputra dari X5. Selain itu juga ada Duta Persahabatan, Duta Intelektual dan The Best Partner. Duta-duta tersebut akan mewakili peserta didik SMA Santa Maria di setiap undangan yang diadakan oleh Diknas maupun instansi lain. Dan, wajib mempromosikan perkembangan dan kemajuan SMA Santa Maria Surabaya, terutama pada saat penerimaan peserta didik baru tahun 2013-2014, jelas Ketua Pelaksana.

Kegiatan pemilihan PaPi SanMar semakin meriah dengan hadirnya penampilan guru-guru ala CherryBelle. Penampilan Fashion ala Cherry Belle ini diplesetkan oleh guru-guru menjadi Performance Theacher-Cherry Bellek dan Cantengen. Untuk guru laki memerankan sebagai cewek dan begitu sebaliknya.
Seperti yang dikemukan oleh Ir. Marceline Prophylia, ternyata guru-guru mempunyai potensi dalam seni peran. Bahkan mereka tidak kalah dengan peserta didiknya. Hal ini, bagi saya dapat memicu guru yang lain untuk berani tampil dan mengembangkan potensinya. Selain mengajar di bidang studinya masing-masing, jabarnya.

Dan, ekstrakuriler juga ikut berpartisipasi dan yel-yel dari masing-masing kelas pun tidak kalah menarik dari penampilan guru-guru. (asep)

Tidak ada komentar: