Rabu, 16 Mei 2012

KOMSOS Paroki Kelsapa, Surabaya




Gelar Diskusi Terbuka


Minggu beberapa pekan lalu (29/4/2012) di aula balai Paroki Kelahairan Santa Perawan Maria (Kelsapa), Kepanjen Surabaya digelar Diskusi Terbuka. Diskusi Terbuka ini diadakan oleh Komunikasi Sosial, Paroki Kelsapa. 


Jefry, Ketua Pelaksana menjelaskan, diskusi terbuka mengusung tema “Komunikasi Efektif dalam Pengembangan Iman Umat Lewat Media”. Tema ini sengaja dipilih untuk memperingati Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-46 yang jatuh pada tanggal Minggu, 20 Mei 2012 dengan pesan Bapa Suci Paus Benediktus XVI tentang Keheningan dan Kata-kata:  Sebuah Jalan Evangelisasi, jelas Ketua Pelaksana.


Dan, sekaligus memperingati Hari Pers Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Mei 2012 lalu. 


Menurut, Jefry mengutarakan komunikasi saat ini mahal harganya. Untuk berkomunikasi kita perlu mempelajari lebih jauh lagi. Dikarenakan setiap orang kadang kurang memperhatikan kaidah dalam berkomunikasi yang baik.


Dalam diskusi terbuka ini, kita bekerja sama dengan beberapa narasumber yang kompeten di komunikasi, diantaranya Errol Jonathan (Praktisi Komunikasi, Direktur Radio Suara Surabaya), Petrus Rizki( Jurnalis VOA dan Majalah Hidup), dan Rm. Ignatius Suparno, CM selaku pastor pendamping Komsos Paroki Kelsapa.


Untuk Errol Jonathan menyoroti tentang pengembangan iman melalui komunikasi dan media yang efektif melalui pendekatan strategi 5W+1H. Petrus Riski lebih menyoroti peranan media di paroki, terutama Komsos. Dan, untuk narasumber yang terakhir, Rm. Ignatius Suparno memaparkan peranan umat dalam pengembangan imannya yang selalu dikomunikasi melalui perkembangan Gereja sampai saat. 


Dan, berikut paparan dari Errol Jonathan dari segi pendekatan strategi 5W+1H dan biodata Errol Jonathan dalam karirnya di dunia media, terutama di radio. (asep)

Tidak ada komentar: