Rabu, 16 Mei 2012

Peserta Didik Kelas XI SMA Santa Maria Surabaya




Buktikan 
Cinta Seni dan Budaya Nusantara

Sekitar pukul 10.30 WIB ratusan orang tua, peserta didik kelas X dan XI, serta beberapa undangan memadati aula Santa Maria, lantai 4. Untuk menyaksikan pagelaran seni kelas XI yang bertemakan Ini Karyaku…., Mana Karyamu….. Acara yang dihelat di aula Santa Maria, Sabtu lalu (5/5/2012) ini berlangsung meriah. 

Dalam acara ini ada berbagai jenis kesenian tradisional yang mereka tampilkan. Mulai tarian, seni karawitan dan berbagai ragam tari dipenjuru nusantara yang seluruhnya dipadukan dengan seni modern, yakni tari Sense of Jig, musik Keliling Nusantara, dan Tari Aiz Tjampoer.  Selain itu, mereka juga menampilkan teater Sesuatu.

Pambuko Kristian, Guru Seni dan Budaya mengatakan pagelaran seni ini rutin dilaksanakan tiap tahun. Tujuannya untuk menggali kreatifivitas peserta didik kelas XI dan menumbuhkan kearifan lokal pada kecintaan seni dan budaya nusantara.  Selain itu acara ini juga menjadi uji kompetensi peserta didik kelas XI sebagi sumber penilaian rapor pelajaran seni dan budaya, kata Pambuko.


"Ketika ada yang bagus mereka juga dapat kami tampilkan diluar (perlombaan) seperti tarian legenda asal muasal Surabaya," kata Pambuko.

Pambuko menambahkan, acara ini juga melatih siswa untuk tampil percaya diri. Sebab selain nilai mereka diambil dari kegiatan ini, orang tua, guru serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Surabaya juga hadir dalam kegiatan ini, tambahnya. 

Selain, Pambuko, Maria Darmajanti selaku Guru Seni Budaya juga ikut bangga melihat kreatifitas peserta kelas XI. Di pagelaran seni ini, peserta didik kelas XI juga mempersembahkan karyanya. Untuk HUT Kota Surabaya ke-719 dengan menelurkan tari kolaborasi modern dan tradisional yang menceritakan legenda Surabaya dilengkapi ornamen Suro dan Boyo. Tidak hanya itu, mereka juga membuat multimedia untuk melengkapi kreasi tarian Surabaya. 

Nantinya tarian Surabaya ini akan ditampilkan di Jatim Ekspo, jalan Ahmad Yani melalui kegiatan yang digelar oleh MKKS Kota Surabaya, yakni Pameran Pendidikan SMA-SMK se-Surubaya awal bulan Juni, terangnya. (asep)

Tidak ada komentar: